Dukungan untuk Barack Obama

Obama

Saya selalu mengamati perkembangan pilpres Amerika Serikat. Ini karena siapapun orang yang terpilih menjadi presiden AS, maka dia akan menentukan bagaimana perkembangan dunia (bidang politik, ekonomi, sosial budaya etc) kedepannya. Hal lain yang membuat saya tertarik menjadi pengamat tentunya karena ada satu sosok “penuh kejutan” yang sekarang ini sedang berjuang untuk menjadi orang No.1 di AS, orang itu dulu pernah tinggal di Jakarta; Dialah Barack Obama “Si Kulit Hitam yang Jenius”.

Pertarungan 2 nominasi partai demokrat yaitu the “first lady” Hillary Clinton dan Barack Obama untuk maju menjadi nominasi presiden benar2 sangat seru. Itu karena keduanya merupakan sosok unique. Hillary, kalau nanti berhasil menjadi presiden AS maka dia akan menjadi presiden wanita pertama Amerika. Saya sempat menonton dalam acara talkshow Oprah Winfrey tentang sosok perempuan satu ini. Kesan saya, dia sangat cerdas, visioner, dan…bermental baja.

Barack Obama, ah…saya 1000 kali lebih terkesan padanya. Bukan, bukan karena dia pernah tinggal di Jakarta, bukan karena dia pernah sangat dekat dan bersentuhan dengan Islam. Tapi yang utama dia manusia yang sangat humanis, visinya untuk membuat perubahan telah menyadarkan seluruh masyarakat Amerika bahwa jalan yang dipilih oleh pemerintah Amerika saat ini adalah sebuah kesalahan. Oleh sebab itu isu “perubahan” yang diserukan Obama benar-benar mennghipnotis seluruh masyarakat Amerika, terutama kalangan pemilih independen. Selain itu, kalau dia terpilih menjadi presiden AS maka dia akan menjadi presiden kulit hitam pertama di AS. Seperti kita tahu, warga kulit hitam di AS dulunya masuk dalam kategori minoritas. Jadi, kalau dia berhasil maka ini akan benar-benar mengubah peta kehidupan di AS. Saya berharap, kalau Obama menjadi presiden maka dia bisa melindungi warga minoritas muslim AS yang setelah kasus WTC banyak mendapatkan perlakuan diskriminasi, teror etc.

Saat ini jalan yang ditempuh Obama tinggal 2 langkah lagi, kalau dia bisa mengalahkan Hillary maka dia akan maju untuk melawan kandidat partai Republik. Dan saya yakin kalau Obama akan menjadi pemenang, kegagalan Bush-yang diusung partai Republik – selama menjabat presiden AS membuat mayoritas masyarakat AS alergi terhadap wakil dari partai ini. Apalagi dengan jelas-dalam kampanyenya-Obama menyerang habis-habisan kebijakan pemerintah Bush terutama kebijakan perang Irak.

Disini terlihat jelas, bahwa Obama hendak menampilkan Amerika dalam wajah yang berbeda. Ditangan Bush, Amerika seperti sebuah “mesin pembunuh”. Dan ditangan Obama, saya yakin Amerika akan menjadi wajah yang berbeda.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia ? saya berharap 2009 nanti ada sosok yang mengusung perubahan. Ya, kalau Amerika yang perekonomian dll-nya sudah sangat maju masih merasa harus berubah. Lalu bagaimana dengan Indonesia ? Kita ini wajib berubah ! dan perubahan yang signifikan hanya akan terwujud jika pemimpin-pemimpin negeri ini mau berubah.

Jadi, mari kita berharap Obama menang! dan berharap angin perubahan yang dia hembuskan kesegala pelosok Amerika sampai pula di Indonesia.

Ayo kita hembuskan angin perubahan !

One thought on “Dukungan untuk Barack Obama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s