Marketer = Striker

Marketer dan striker memiliki dunia yang berbeda, yang satu berpeluh menjadi ujung tombak dalam perusahaan (entah itu perusahaan sendiri atau punya orang), yang satu berpeluh keringat dilapangan hijau. Tapi, ada kesamaan dasar dari keduanya yaitu : Sama-sama bertugas mencetak GOAL, sama-sama menjadi PENENTU KEMENANGAN dalam suatu usaha,pertandingan atau kompetisi.

Dalam sepakbola, jika striker yang dimiliki oleh sebuah tim mandul alias gagal mencetak goal, maka jelas tim itu pasti ngga bisa mencetak kemenangan. Saya masih ingat pas Euro 2004 lalu, saat itu pertandingan antara Prancis Vs Yunani. Pertandingan berjalan alot, prancis yang dimotori sang legenda Zidane sangat mengusai pertandingan. Berhasil menciptakan peluang-peluang, namun sayang….tak satupun dari penyerang2 Prancis bisa meng-konversikan peluang menjadi sebuah gol. Dan saat Yunani yang terus menerus diserang memiliki peluang dan berhasil mencetak 1 gol. Maka tamatlah riwayat Prancis! Sang juara bertahan pun tersingkir dari turnament.

Hal ini mungkin terjadi juga dalam perusahaan, jika punya produk bagus, peluang bagus. Namun ternyata para marketernya gagal menjalankan fungsinya dengan baik, tidak mampu menghasilkan sales sesuai target, bahkan sangat jauh dari target!maka perusahaan ngga akan pernah bisa menghasilkan profit. Akibatnya : ya bakal bernasib kayak Prancis di Euro 2004.

Posisi marketer dalam perusahaan adalah yang terpenting. Semua orang ngga bisa tidak harus mengakui hal ini. Seberapa bagus produk yang dimiliki namun jika tidak dibarengi dengan kemampuan para pemasar yang baik maka hanya akan menjadi percuma. Para marketer lah yang akan mengantarkan perusahaan mencetak setiap goal yang ditentukan. Jika dia gagal, atau mandul. Maka alamat bahaya bagi perusahaan.

Mengenai topik ini, saya ingin mengklasifikasikan beberapa type marketer dengan type striker kelas dunia yang saya tahu :

1) Type Filippo Inzaghi

Inzaghi, striker Italy dari tim AC Milan yang sangat berbahaya dikotak penalti. Dia adalah type finisher sejati. Prestasinya dilapangan hijau tak perlu diragukan. Di liga Italy dia sudah mencetak diatas hampir 130 gol dan di eropa dia pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah. Hebat!

Inzaghi memiliki gaya yang unik dalam bermain. Gayanya dalam mencetak gol sangat khas, dia adalah type finisher sejati. Namun, dia hanya bisa mencetak gol jika mendapatkan umpan yang bagus dari lini kedua. Kalau lini kedua tidak jalan, maka si Inzaghi ini ngga akan pernah bisa mencetak gol. Karena dia type finisher sejati. Striker se-type dengan dia adalah : Ruud Van Nistelrooy, David Trezeguet, etc.

Dalam perusahaan, ada juga para marketer yang jago mencetak gol, tapi sanggat tergantung dari lini lainnya. Terutama lini produksi. Jika dia diberi peluang, maka dia bisa sangat tajam untuk mencetak keberhasilan. Tapi jika dari produksi kurang baik, maka dia ngga akan bisa jalan untuk mencetak gol alias tumpul.

2) Type Wayne Rooney

Wayne Rooney adalah stiker MU (Inggris) yang paling berbakat. Dia adalah seorang petarung, permainannya sangat agresif. Yang hebat dari dia adalah, dia tak hanya bisa mencetak gol tapi bisa juga membuka peluang. Menjemput bola sampai ketengah, bahkan sering juga membantu pertahanan.

Dalam perusahaan, ada juga marketer yang seperti ini. Sangat agresif dan pandai membuat peluang, tapi tetap menjalankan fungsi yang utama yaitu mencetak gol. Mencetak profit.

Dalam sepakbola, type striker seperti Rooney, Del Piero, Ibrahimovic, Henry atau Ronaldinho, disebut striker ideal.

Jadi, kalau Anda adalah seorang CEO (CEO kalau dalam sepakbola itu pemilik atau pelatiha yaaa, hehe). Maka harus tahu kalau diperusahaan yang anda pimpin, type striker seperti apakah yang Anda miliki.

Dan, untuk para Marketer, alangkah baiknya Anda pun tahu kalau selama ini seperti apakah gaya Anda dalam bermain.

Btw, kenapa kenapa saya mencontohkan type striker kedalam type Inzaghi dan Rooney adalah : Karena saya pendukung Milan dan MU, hahahaha :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s