Be Inspiring Speaker !!!

Malam tadi saya mengikuti sebuah seminar Public Speaking yang diadakan oleh Tantowi Yahya Public Speakiing School. Acara yang diadakan di Ruang Seminar Hotel Santika ini menghadirkan pembicara Clint W. Tetelepta M. B. A seorang trainer senior di Tantowi Yahya Public Speaking School. Acara yang dimulai jam 7 malam ini lumayan seru menurutku, karena materi yang diberikan memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, entah itu kehidupan di keluarga, pertemanan, juga dalam bisnis. Materi yang diberikan oleh Mas Ken (begitu beliau dipanggil) adalah “Rahasia Sukses Berbicara di Depan Umum”, inti dari materi tersebut adalah tentang begitu pentingnya communication skill dalam kehidupan kita. Bahkan dalam kesuksesan di dunia kerja, menurut sebuah riset yang diadakan oleh sebuah lembaga riset di Amrik sono, communication skill menduduki peringkat pertama yang harus dimiliki.

Untuk menjadi seorang public speaker maka kita harus menguasai 3 hal dalam 3 V’s Communication :

  • Verbal (what we say, The Word) : Memiliki porsi 7 %
  • Voice (Vocal) : Memiliki porsi 38 %
  • Visual (Body Language, Expression) : Memiliki porsi 55 %

Kalau dilihat dari porsi diatas, maka porsi terbesar itu ternyata unsur Visual (Body Language, Expression), kedua Voice, dan terakhir baru Verbal. Disini, kita bisa mengambil satu kesimpulan kalau berbicara memang membutuhkan satu kegiatan yang tidak hanya melibatkan organ mulut. Tapi, dalam berbicara (speak) itu melibatkan semua organ tubuh dari atas (rambut) sampak kebawah (kaki). Bahkan, ketika berbicara seluruh anggota tubuh kita pun berbicara. Itulah mengapa, dikatakan beda antar TALKdengan SPEAK, kalau talk itu hanya suara yang keluar dari mulut saja, dan isinya mungkin kosong ! Tapi ketika kita SPEAK maka kita sedang berbicara dengan melibatkan semua hal dalam diri kita. Kita mengeluarkan sesuatu yang memiliki makna dan bernilai (valuable).

Hal hebat dan harus kita pelajari dari data diatas adalah, bahwa ketika kita memiliki ide yang cemerlang atau ide apapun, maka teknik yang paling baik untuk kita mengkomunikasikan ide kita itu adalah dengan melihat 3 unsur diatas. Dari data diatas kita bisa tahu kalau unsur Verbal hanyalah 7 %. Bayangkan ? Untuk menyampaikan ide, program atau rencana yang “mungkin” begitu hebat hanya akan berpengaruh unsur Verbal termasuk didalamnya diksi (pemilihan kata) dan materi hanya akan berpengaruh sebanyak 7 % !!! Disini, terlihat kita sering terjebak ketika hendak menyampaikan satu ide atau rencana presentasi. Terkadang kita semalaman sibuk hanya memikirkan materi presentasi dalam power point, dll. Padahal unsur utama keberhasilan tidak terletak disana. Kemampuan kita berbicara (speaker) lah yang akan membuat kita berhasil dengan merangkum ketiga unsur diatas menjadi sebuah communication mix.

So, jika kita ingin berhasil maka kita harus bisa membuat satu voice (bunyi suara yang keluar) yang enak dan nyaman didengar dan visual yang sangat baik sehingga prosentase keberhasilan kita dalam menyampaikan ide, inovasi, atau rencana-rencana bisnis bisa sukses diterima oleh semua orang.

So, selamat berbicara…

Speak Your Idea !!!

And Be Inspiring Speaker !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s