Menunggu Maryamah Karpov


Apakah Anda Menunggu Maryamah Karpov terbit ??
Yaps, same with me guys…
Ternyata kita sama hanya bisa menunggu, karena Maryamah Karpov – Novel Ke-Empat- dari Tetralogi Laskar Pelangi masih “belum” akan terbit dalam waktu dekat karena “katanya” akan menunggu film Laskar Pelangi ditayangkan terlebih dahulu.
Menurut saya sangat wajar sih kalau kebijakan manajemen Andrea Hirata seperti itu, karena kalau Maryamah Karpov terbit terus film Laksar Pelangi tayang, maka akan ada 2 produk Andrea yang beredar bersamaan dipasaran dan itu “ngga baek ” secara strategi pemasaran. Tapi, menunda terlalu lama pun akan menjadi tidak baik karena ; kerinduan publik akan novel keempat Andrea ini sudah sangat meninggi, bayangkan, banyak sekali Andreanis yang sengaja jalan-jalan ke toko buku hanya untuk bertanya : “Maryamah karpov udah ada belum ya ?”, termasuk saya, yang udah sekitar 3 kali datang ke toko buku hanya untuk menanyakan hal yang sama.

Kerugian yang kedua tentu saja jika ada pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan kondisi pasar yang menunggu seperti ini, seperti yang kita tahu saat ini ada buku bajakan atau buku “siluman” dengan judul Maryamah karpov yang beredar dipasaran…dalam versi ebook juga ada katanya….
dan saya yakin ada banyak masyrakat yang kejebak😦
untuk kasus yang satu ini manajemen Andrea – renjana organizer- sudah melakukan pers release untuk memberikan klarifikasi dan informasi, walaupun tentu saja akibat jeleknya dari kasus ini bukan hanya untuk pecinta andrea yang kadung membeli “buku siluman” itu melainkan untuk Andrea sendiri yang sudah “dimanfaatkan” kepopulerannya oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.
berikut penyataan resmi dari manajemen andrea tentang “polemik kapan terbit” buku keempat dari tetralogi laskar pelangi ini :

Pernyataan Renjana Organzier: Tentang Maryamah Karpov dan Laskar Pelangi
Sahabat Renjana,

Kami Renjana Organizer selaku manajemen Andrea Hirata menyatakan bahwa Novel Maryamah Karpov (novel keempat dari tetralogi Laskar Pelangi setelah Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor) sampai saat ini belum terbit.

Maryamah Karpov direncanakan akan terbit pada bulan September 2008. Namun saat ini telah beredar novel dengan judul Maryamah Karpov dalam bentuk cetak maupun e-book, seolah-olah Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. Dengan ini kami tegaskan bahwa Maryamah Karpov yang ditiru judulnya itu bukan karya Andrea Hirata.

Saat ini juga telah beredar novel/memoar dengan judul dan tampilan cover (font, warna, dll) sangat mirip dengan judul dan cover Laskar Pelangi. Kembali kami tegaskan bahwa karya yang meniru tampilan Laskar Pelangi tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan Andrea Hirata, Manajemen, maupun penerbit Laskar Pelangi.

Selain itu kami juga ingin menginfromasikan bahwa banyak nama domain, alamat e-mail, atau blog yang seakan-akan berhubungan dengan Andrea Hirata, karya-karyanya, atau manajemennya Renjana Organizer. Perlu kami informasikan bahwa media komunikasi dengan Andrea Hirata maupun manajemennya hanya melalui http://www.sastrabelitong.mulltiply.com dan http://www.renjanaorganizer.multiply.com atau e-mail renjanaorganizer@yahoo.com

Dengan itikad baik, secara moril kami menghimbau agar pihak-pihak yang bermaksud memanfaatkan perhatian publik yang besar pada Tetralogi Laskar Pelangi dapat menghentikan tindakannya , dan bersama-sama kita semua berkarya secara fair dan kreatif guna memajukan sastra Indonesia secara elegan tak semata untuk kepentingan komersial.

Demikian pernyataan dan himbauan kami, maaf jika ada yang tidak berkenan

Jayalah Sastra Indonesia!

Kalau saya masih bisa bersabar menunggu karya keempat Andrea, dan juga akan menunggu sabar film laskar pelangi tayang…
semoga saja kedua karya tersebut tetap bisa fenomenal seperti karya Andrea terdahulu.
BRAVO BUAT ANDREANIS SETANAH AIR….

48 thoughts on “Menunggu Maryamah Karpov

  1. ci says:

    setelah film nya keluar, maryamah karpov jg sukses dipasaran, apa lagi ya karya Andrea Hirata yg akan terbit?

  2. bayu.an says:

    @ci
    dengan kemampuan deskriptif-nya yang sangat baik, Andrea bisa menulis apa saja…
    tp saya harap dia tetap menulis sastra dengan tema dan konten yang berkualitas dan mencerahkan, seperti karya laskar pelangi – mungkin tema2 pendidikan adalah yang paling pas buat Andrea..

    salam kenal..:)

  3. halo salam kenal
    sama juga nunggu maryamah, tapi bang andrea nya kan malah lagi ke himalaya…
    eh syuting filmnya kan udah selese
    nunggu ah..
    mungkin taun depan kali ya rilis

  4. bayu.an says:

    @Benykla
    yups, bang Andrea g lke Himalaya, mudah2an pulang dari sono nulis novel dengan setting pegunungan Himalaya, pasti keren abis…
    salam kenal juga…:)

    @di
    awas jerawatan lho karena ngga sabar…:)
    siip,
    karya terbaik memang pantas ditunggu…
    cheers

  5. WezHeZz….
    pEgEL benEr ya nUngGu MaryaMah kaRPov…
    pokoknya gw maw jadi org yang agak pertama belI noVel ituw… ( gak mungkin gw jd yang pertama di indonesia… hehehe)🙂

  6. bayu.an says:

    @candy milo
    iya nih..lumayan pegel nunggu maryamah…kayaknya semua andreanis jg sama pada pegel2…;D
    hehe, pengen jd yg “agak” pertama jg deh…:D

  7. denger2 d novel maryamah karpov si ikal udh ktemu ma A Ling ya ktanya,,,

    uWah jd penasaran penen baca,,,

    Septmbr???

    lama amattt,,,

    tp aku rela nunggu deh…
    hahahahaha

    sumpah tuh buku bgs bGt y,,,(LSKAR PLANGI,SANG PEMIMPI,EDENSOR)

  8. bayu.an says:

    @nufach
    iya niy…saya nunggu banget dan penasaran dengan sosok A Ling…
    ngga apa2 ya nunggu lama…:), untuk sebuah karya hebat…
    thx

  9. dnrian says:

    mas bayu ngintip ya blognya

    sama nie dengan yang lainnya aku juga gak sabar nunggu buku ke 4,lama bangett yaaa….aku pembaca Laskar Pelangi yang cukup telat karena awalnya malah gak suka dengan judul “Pelangi”nya ehh pas baca malah jadi nagih…udah baca buku 1 – 3 n diulang2. N aku jadi Lintang n Arai fans nie….hehehe, 2 manusia yang penuh kejutan

    salam kenal ya mas…hihihi…

  10. bayu.an says:

    @dnrian
    lebih dari ngintip jg boleh kok….:D
    hehe, sama donk…awalnya ngga tertarik, tp pas qtemu langsung andrea-nya, saat itu lg launching buku kedua sang pemimpi, baru deh “ngeh..” kalo ada karya besar yang harus dibaca….
    pokoknya sabar2 aja deh nunggu yang ke-4, skali lg…: untuk sebuah karya hebat ngga masalah nunggu lama…:D

    salam kenal juga rian…

  11. saya mau pihak manejemen memberitahukan kepada publik ciri2 buku yg asli dgn yg palsu, berikan satu hal pd buku yg gak bisa di buat oleh pembajak

  12. nicola says:

    wadowww…ga sabaran benar neh nunggu Maryamah Karpov nya keluar…Dah pasti neh September buku nya keluar????
    Klo engga kan bisa2 kecewa neh para Andreanis setanah air…
    But we will wait it patiently
    Is it true, guys????

  13. bayu.an says:

    @rivi
    setuju rivi…
    btw, utk saat ini klo ada buku dipasaran dengan judul maryamah karpov itu pasti 100% palsu…

    @nicola
    yeah…nunggu sampe jerawatan niy..:D

  14. Saya sih sangat penasaran dengan cerita akhir tetralogi laskar pelangi. Tapi dah bosan nunggunya nih… masak jedanya lama sekali dengan edensor. Yah… inilah sastra kalau sudah masuk wilayah komersial….
    jadi ajang permainan pasar.

  15. bayu.an says:

    @syam
    Kalo sy husnudzan saja, mungkin Andrea memang sedang sibuk bwt prepare tayang film laskar pelangi,keduanya penting, jadi memang pasti banyak pertimbangan, so…launching maryamah karpov-nya diundur dulu…:)
    Tp, kalau dilihat dr sejarah kesusasteraan Indonesia, mungkin Maryamah Karpov ini menjadi salah satu karya sepanjang sejarah yang “paling banyak ditunggu” dan diinginkan !
    Apa Andreanis yang lain setuju ?

  16. jenni says:

    woiii…
    kapan dunk Maryamah Karpov nya terbit ? kita udah kangeennn dech dengan cerita2nya Andrea, kangen sama Arai dan penasaran juga sama The end dari Laskar Pelangi…so kita tunggu jawabannya.

  17. bayu.an says:

    @jenni
    wah, sama kangen juga niy…apalagi sama arai, heueheue

    @lidia
    gimana donk ? apa kita harus demo ? hehe

  18. bayu.an says:

    @rini
    filmnya dah ada waktu tayangnya tuh tgl 25 september..
    maryamah karpov keknya sih november-an…abiz film laskar pelangi.
    semoga aja pelemnya rame, dan novel maryamah-nya tetep memuaskan kayak yg dulu2..

  19. Fahmi says:

    Gua sich masih nungguin pelmnya aza,,,
    cause gua penasaran, gimana sich laskar pelangi dipelm-in
    s’moga aja menarik dan memikat hati🙂

  20. Damayanti says:

    Mbaca lbh dpt mengembangkan daya imajinasi.
    kondisinya mirip bgt waktu nungguin harry potter ke-7.
    jgn kelamaan yak!!

  21. roni says:

    saya juga jamaah andrea, kata bang ikal judul itu gabungan antara maryamah and anatoly Karpov. menarik juga ya apa hubungannya ??? jgn kelamaan aja dech

  22. Ria says:

    Andrea,
    aq keberatan dgn cover buku “laskar pelangi” yg terbitan terbaru dgn tokoh2 yg ada difilmnya, imajinasiku jadi agak terganggu,. tp aq minta u/ Maryamah Karpov dan lainnya klu difilmkan cover bukunya jgn diganti, please…(tp klu bisa nggak usah difilmkanlah klu nggak yakin bener2 sebagus bukunya).

  23. bayu.an says:

    @fahmi
    filmnya dah nonton donk…keren abizz ya ?

    @joe
    sami-sami

    @damayanti
    membaca itu bikin pinter jelasnya…:)
    apalagi klo baca buku yg berkualitas tentunya…

    @roni
    wah berarti kita satu jamaah donk…:)

  24. hapsari says:

    sama nih pegel22 bolak/ik nanya k toko buku, maryamah karpov da terbit blm yaa..hmm misteriuzz si A Ling..sy juga nunggu kiriman paket buku maryamah dr jakarta nii smp skr

  25. IMAM says:

    Maryamah Karpov, adalah A Ling yang telah menikah dengan seorang lelaki dari Eropa Timur, saudara sepupu pecatur Anatoly Karpov ..hehehe JUST KIDDING

  26. bayu.an says:

    @niesha
    sama niesha, udah tak sabar niy membacanya…

    @vicjk
    sabar OK..:)

    @hapsari
    A Link jd sosok misterius dan ditunggu2 ya

    @imam
    wah, hebat juga mas imam ini imajinasi-nya..
    ato jangan2 A Ling udah buka toko kelontong lagi di Malaysia, hehe

  27. Andre@ says:

    Emang novel keempat laskar pelangi ( maryamah karpov ) terbit bulan september to oktober ko di Kaltim lum da ya novel keempat laskar pelangi ( maryamah karpov ). dimana ya saya bisa cari selain di kaltim. Tarakan

  28. bayu.an says:

    @garmen13
    sabar gak sabar harus sabar….:)
    Andrea-nya kena kasus tuh, kek-nya diundur lg deh terbitnya,,,moga kasusnya cepet slese…

    @cezart
    jakarte jg belum kek-nya boss…:)

  29. yanti says:

    Setelah lama menunggu maryamah karpov,kecewa membacanya,karena kalau 3 novel sebelumnya baik isi dan semangatnya dapat nilai sumacumlaude ,kalau lagi ujian tesis kayak begini sih mamasiswa saya suruh ulang lagi karena judul dan isi gak nyambung,semangat belajar yang menggebu-gebu dl 3 novel pertama ,setelah pendidikan yang diimpikan rercapai kok tidak dimanfaatkan dan jadi linglung malah jadipenganggur intelektual dan isi ceritanya terkesan kehabisan energi.Maaf ya setelah lama menunggu aku kecewa dengan bukumu.Coba buat lagi yang menambah semangat fans mu dalam mencapai pendidikan setinggi mungkin dilanjutkan dengan pemanfaatan hasil pendidikan itu

  30. bayu.an says:

    @yanti
    kalau harus jujur saya juga kecewa dengan kualitas karya ke-4 ini…, sangat berbeda dengan ketiga bukunya yg terdahulu.

  31. bayu.an says:

    @anker
    wah, dah ijin belum niy..nyebar ebook-nya..:)
    btw, donlot ebook oke, tp beli juga buku-nya ya..sipp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s