Laskar Pelangi The Movie

Menarilah dan terus tertawa

Walau dunia tak seindah surga

Sambil Menunggu Maryamah Karpov, mending kita bahas film laskar pelangi yang sebentar lagi akan tayang. Lirik diatas adalah petikan dari lagu Nidji, yang dipercaya mengisi theme song soundtrack Film Laskar Pelangi. Malam tadi, saya menonton acara Kick Andy (My Favorite Show) di Metro TV. Dan luar biasa, karena ternyata tema Kick Andy membahas film Laskar Pelangi.

Wow, amazing moment ! Kenapa ? karena serba kebetulan mama ku tercinta sedang maen ke Bandung, so…saya nonton acara Kick Andy barengan mama dan adik tercinta. Acaranya seru abissss… Pertama-tama dijelaskan dan dikenalkan para tokoh anak-anak yang mengisi film tersebut; dari mulai Lintang, A kiong, A Ling, Mahar, Syahdan, Harun, Sahara, dan…Ikal tentunya. Oiya, para pemeran ke 10 tokoh Laskar Pelangi semuanya diperankan oleh anak-anak belitong asli lho…Jadi, lokalitas dari novel itu akan sangat terasa dan deskripsi cerita dengan logat bahasa dan kenakalan anak-anak belitong dengan budaya melayu yang terdeskripsi dengan sangat kuat oleh Andrea dalam film Laskar Pelangi akan kita dapatkan. Tapi, saya agak kecewa dengan pemilihan pemeran Ibu Mus (yang merupakan pusat inti cerita dari Laskar Pelangi). Mengapa harus Cut Minie ? Jujur saja saya sangat berharap bahwa sosok Ibu Mus adalah sosok seorang Muslimah Beneran dan kalau bisa pemaen baru aja…Tapi, It’ok…ini hanya masalah ekspektasi saya saja…biasalah para Andreanis dan pembaca novel laskar pelangi pasti nerawang tentang tokoh2 dalam film tersebut….dan punya film sendiri dalam kepala kita tentang bentuk wajah fisik setiap karakter yang telah kita rekam ketika membaca novelnya. Jadi kalau jejak rekam fisiknya ngga sesuai, kita pasti akan nolak bukan ? tapi…biasanya ini akan berubah kalau seandainya si Cut Minie mampu menampilkan sesuatu yang memikat saat kita nanti menonton Film tersebut. Kalau misalnya bagus, maka hilang lah kekhawatiran dan kekecewaan itu, dan kalau sebaliknya…maka Cut Minie harus berani mengambil resiko dihujat para Andreanis, tapi..setiap hal dalam hidup mengandung resiko bukan ?

Saya juga kecewa dengan keberadaan Tora Sudiro (si Manusia bertato) yang memerankan sosok guru PN Timah, dan Rieke Diah Pitaloka (Si Liberalis) yang memerankan ibunya Andrea as Ikal. Keduanya menurut saya “Sangat Tidak layak” ada dalam film ini. Masa guru bertato ? (walaupun dalam film tsb Tato-nya pastinya ngga diliatin), san saya takut ntar dia akting kayak di Extravaganza lagi; Jorok, Ngga Lucu, dan Menyebalkan! Dan si Rieke Oneng ? ah…dia adalah makhluk perempuan aneh dan..sama sekali ngga bisa mewakili sosok perempuan keibuan. Just it…dan saya baca ada banyak  Andreanis yang kecewa dengan keberadaan 2 makhluk ini. Same with me…

Hal-hal lain yang ada dalam film ini menurut saya bagus, karena bagi saya…diluar kualitas dari Riri Riza dan Mira Lesmana yang sudah terbukti. Para tokoh pemeran baru Laskar Pelangi yang menurut saya sangat “fresh dan polos” akan membuat daya tarik luarbiasa dalam film ini. Meski ada kekecewaan dalam beberapa hal, saya tetap melihat sebuah substansi besar dari film laskar pelangi ini. Yaitu spirit yang akan membawa perubahan dan arah baru untuk mengubah wajah dunia pendidikan di Indonesia. Substansi yang akan membuat bangsa ini lebih peduli kepada kemajuan dunia pendidikan, peduli terhadap “hak kepemilikian impian”, hak untuk bahagia, dan hak untuk hidup yang seolah – sampai saat ini masih menjadi barang ekslusif untuk sebagian saudara-saudara kita.

Spirit laskar pelangi adalah perjuangan, kegigihan dan….CINTA dalam menjalani hidup, mendapatkan pendidikan, dan menjadi manusia yang TAK KALAH DALAM MENJALANI HIDUP.  Spirit ini telah menjadi satu spektrum cahaya yang menyebar kesegala pelosok hati semua pembaca Novel laskar pelangi. Saya berharap, film ini pun akan menghasilkan impact yang lebih besar dari apa yang telah dilakukan oleh Novelnya. Semoga saja.

Mimpi adalah kunci

untuk kita menaklukan dunia

(nidji)

Pokoknya untuk Andreanis setanah Air; Jangan berhenti untuk bermimpi…dan menggapai segala asa dan cita-cita….

Btw, katanya Film ini akan mulai tayang serentak di Bioskop tanggal 25 september…

ada yang mau Nonbar di Bandung ?

Kunjungi juga : http://www.laskarpelangithemovie.com

7 thoughts on “Laskar Pelangi The Movie

  1. shierlynikodemus says:

    woi dit,

    liat blog gue… kaitlyn gue masukin blog sambil belajar masukin youtube ke blog :p huehehehe….

  2. bayu.an says:

    @shierly
    Oke boss, ntr sy mampir k sana

    @Joko
    Trims infonya, sdh langsng ke TKP

    @nana
    yaps, wajib nonton donk…

  3. dina says:

    emmm…………1 kata GILAAAAAAAAAA……ne film OK bgt,pkoknya qt sebgai gnerasi muda,penerus bangsa,jangan kalah ama smgatnya anak2 laskar pelangi…………
    bwt om riri reza.mkch ya udh mw bkin film ne.Pkoknya Siii..ppp dech

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s