Belajar Hidup dari Lintang

lintang

Lintang adalah tokoh Laskar Pelangi yang sangat saya kagumi. Darinya saya belajar banyak tentang bagaimana mengartikan dan menjalankan hidup dengan penuh antusiasme untuk belajar dan meraih kepercayaan untuk mengubah hidup itu sendiri. Lintang sangat percaya bahwa kalau dia belajar, kalau lah seandainya dia pintar, maka dia mampu mengubah nasib keluarganya. Sayang nasib tak berpihak kepadanya karena Ayah-nya meninggal dunia sebelum semua impiannya tercapai. Tapi, kehidupan telah memberi dia “Applaus” untuk kegigihannya itu. Bagiku, dia adalah pemenang sejati.

Lintang si Anak Pesisir

Lintang adalah anak pesisir pantai yang miskin. Tapi, tak demikian hati dan jiwanya. Dia bukan manusia sosok kebanyakan. Dia adalah jenius kehidupan. Bak obor, semangatnya untuk belajar seolah meletup-letup. Adegan saat dia menatap laut, bagiku memberikan kesan mendalam. Anak sekecil itu, telah memikirkan beban begitu besar untuk menjadi seorang kepala keluarga.

2831363496_fa04f000b0

Apa yang sedang kamu pikirkan Lintang ?

Lintang si Anak Jenius

Para pembaca novel Laskar Pelangi pasti akan menyebut 1 kata yang akan mendeskripsikan sosok seorang Lintang : “Jenius”. Kejeniusannya adalah anugerah untuk seorang anak miskin yang tumbuh dalam keadaan serba kekurangan. Bak nebula yang bercahaya dimalam gelap gulita, Lintang yang pada saat masuk di hari pertama SD Muhammadiyah dengan sepatu bau angus ini adalah anak yang haus akan ilmu pengetahuan. Tak seperti anak kebanyakan, Lintang telah memikirkan banyak hal besar dari para scientist dan pemikir dunia pada saat dia masih seumuran Jagung. Saat lomba debat dengan PN Timah adalah cerita paling berkesan bagiku, Lintang saat itu menunjukan pada khalayak Belitong bahwa telah lahir seorang jenius dari SD antah berantah tak dikenal itu. Saat itu Lintang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan hitungan dengan sangat cepat bahkan tanpa menuliskan soalnya terlebih dahulu. Membacanya saya jadi tertawa bangga sendiri, andai saya ada disana pastilah saya akan bersorak sorai untuk Lintang. Go..go..Lintang !!!

new-picture-101

Menjawab pertanyaan apa kamu Lintang ?

Lintang Seorang Pembelajar

Ini adalah sifat seorang Lintang yang sangat menonjol. Ya, dia adalah seorang pembelajar sejati. Dalam novel dan film digambarkan bahwa Lintang mempelajari banyak hal dari koran-koran, majalah bekas, dan buku-buku kusam sekolah. Ditambah dengan kejeniusannya, jadilah Lintang sebagai sosok anak yang sangat pintar menganalisis kejadian-kejadian alam juga pandai dan cepat dalam berhitung. Dalam film digambarkan dengan jelas kebiasaan Lintang ini, dimana dia membaca dalam waktu kapanpun dan dalam kondisi apapun. Ini scene yang sangat saya suka, saat Lintang berangkat sekolah dan hujan turun. Dibawah pohon Lintang terduduk menggigil sambil membaca buku pelajaran kumal. Takjub saya dibuatnya.

2841905021_7d563b784a

Sedang membaca apa kamu Lintang ?

Lintang Sang Pekerja Keras

Dalam novel kudapati sosok Lintang sebagai seorang pekerja keras. Dalam film karakter sosok anak sederhana dengan antusiasme belajar luar biasa ini benar-benar jelas kulihat. Lintang seperti mengajari semua orang bagaimana cara memandang hidup dan pendidikan dengan cara yang irrasional bagi banyak orang. Bagaimana tidak ? untuk mencapai sekolah dia harus mengayuh sepeda menempuh perjalanan 80 kilo meter !!! Hal ini menjadikan Lintang mendapatkan semua proses untuk mendapatkan ilmu dengan cara yang luar biasa. Disini, saya benar-benar merasa diajari cara untuk memandang dan menghargai pendidikan dan hidup dalam kacamata seorang Lintang. ini adalah scene yang paling saya suka dalam Film Laskar Pelangi. Visualisasi Lintang mengayuh sepeda melewati buaya, jalan bebatuan, lalu sampai disebuah jalan besar dengan tubuh dan baju berpeluh keringat benar-benar membuat saya merinding. Saat menontonnya air mata ini ingin meleleh, hati dan perasaan saya seperti tercambuk dan meletup. Energi besar dari Lintang seperti membius dan membuat saya lama merenung.

2831328080_21c8133e66

Kayuh terus sepedamu Lintang…

Gapai terus cita dan mimpimu…

Ajari semua anak Indonesia tentang arti hidup

dan makna pentingnya belajar.

6 thoughts on “Belajar Hidup dari Lintang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s