Nonton Pelem Ketika Cinta Bertasbih

Malam tadi, 11/06/2009, bareng dengan istri saya menonton film yang sudah saya tunggu-tunggu. Sebuah film yang katanya akan mengalahkan kesuksesan Film Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi. Film yang diambil dari Mega Best Seller Novel-nya Karya Kang Abik; Film Ketika Cinta Bertasbih.
Alhamdulillah, karena tiket sudah dibelikan dulu oleh kantor istri saya, jadinya saya dan istri ngga perlu repot ngantri dulu. Datang ke BIP pukul 18.30, Film diputar Pkl 19.15.

Bioskop penuh sesak. Saya kebagian duduk di bagian ke-2 terdepan (Bad Position..:D). Tapi ngga apa-lah, yang penting bisa nonton walau posisi tak strategis.

Film diputar. Flow cerita ternyata sama dengan novel. Berawal dari sebuah event di KBRI dimana Khairul Azzam sedang bertugas sebagai seorang penjual Tempe, disana dia bekerjasama dengan anak Dubes yang cantik; Elliana (Mbak El, Azzam memanggilny begitu). Cerita berlanjut terus – sekali lagi – flow cerita seperti yang ada di novel. Hampir ngga berubah. Pada awal cerita ini, saya merasakan sedikit boring. Mungkin karena belum tune in kali ya. Tapi memang, pas awal cerita ini belum ada scene yang luar biasa. Jadinya perasaan kok datar-datar aja.

Nah, lanjut…, ketika tokoh demi tokoh bermunculan baru deh mulai seru. Furqon – teman seperjuangan Azzam yang bergaya perlente, fadhil, hafez dan teman2 sekamar Azzam. Dan tokoh demi tokoh lain bermunculan (fresh dan bagus juga akting mereka). Saya yang sudah melahap novel-nya jadi teringat-ingat dan terasa mendapatkan visualiasasi besar dari setiap kejadian dalam cerita novel. Banyak lucu dan haru. Film ini memang bukan film picisan. Bukan film kebanyakan.

Scene yang paling saya suka dalam cerita ini adalah moment pertemuan Azzam dan Anna untuk kali pertama. Pertemuan di sebuah Bis Kota. Pada saat itu Azzam menolong Anna yang terkena musibah kecopetan dan ketinggalan buku di Bis. Karena moment ini juga tho si Ana jadi bersimpati sama Azzam (lelaki yang bisa melindungi katanya…:D).

Beberapa hal lain yang saya suka dalam Film ini :

1. Cerita bahwa Azzam adalah mahasiswa mandiri di Mesir. Seorang businessman. Entrepreneur. Berjualan Tempe dan Bakso. Mahasiswa Kreatif yang “terpaksa” melalaikan kuliah karena terlalu sibuk berbisnis karena harus membiayai adik-adik-nya sekolah di kampung. Ini terjadi karena Azzam dan adik-adiknya sudah tidak memiliki Ayah.
Hmm, membuat sy teringat dengan pengalaman dulu kuliah, sambil kuliah sempet jualan sepatu, stiker, T-shirt, merchandise, etc untuk bekal hidup di Bandung (Great moment..:D). Juga menyemangati saya untuk terus berikhtiar dan yakin untuk terus membiayai adik kuliah sampai dengan S1. InsyaAllah….
2. Cerita yang tidak berubah dengan Novel. Saya suka karena sutradara dan penulis skenario tidak merusak visualisasi yang sudah saya punya dalam pikiran saya. Saya yakin para pembaca novel ini tidak akan kecewa karena apa yang mereka bayangkan akan memiliki kesamaan bentuk dengan visualiasasi film.
3. Syuting-nya di Mesir. 100% Asli. Ya, akhirnya lekuk keindahan kota mesir; kota Alexandria, kairo, sungai nil, piramida. Dapat terpotret dengan indah dan NYATA.
4. Para Pemaen inti-nya 90% BARU. Ini yang paling saya suka. Para pemainnya kebanyakan merupakan Brand New dalam dunia Per-Film-an dan akting-nya oke-oke juga tuh….mungkin karena udah lewat seleksi ketat dan pelatihan2 dulu donk…
5. Hmm. Apalagi ya…overall semuanya oke karena pada dasarnya cerita film ini sudah bagus. Lha wong diambil dari novel Best Seller…:D. Pokoknya dibanding film ayat-ayat cinta jauh lebih bagus ini deh….thanks to Sinemart dan Sang sutradara Mas Chairul Umam

But, kekurangan film ini Cuma satu kayaknya : to be continued… itu lho, hahaha…sempet kaget juga pas selese nonton, wahh…ternyata Bersambung…Macem sinetron ajah niy….keliatan deh wajah-wajah penonton pada kecewa…

huhu…kapan ya KCB 2 –nya akan diputer ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s