Perjalanan Ke Rokan Hulu Riau

abay

Ini adalah kunjungan saya yang pertama ke Riau. Saya mengunjungi kota ini bersama Pak Arief Bahtiar. Untuk memberikan training pengenalan Internet dan Komputer kepada staf/pegawai Pemda di Kab.Rokan Hulu.

Kami berangkat hari senin 10 Mei dr bandara soekarno hatta menuju pekanbaru menggunakan Batavia Air.

Cuaca Pekanbaru lumayan panas. Tp sy sudah biasa dengan kondisi seperti ini. Pun dengan perjalanan menuju Rokan Hulu yang cukup panjang dan melelahkan. Dari Pekanbaru, kami masih harus menempuh 130 Km perjalanan darat. Melewati beragam daerah di Riau dgn kondisi jalan yg tidak 100% mulus. Perjalanan ini Mengingatkan saya pada perjalanan saat ke Kab.Lembata NTT yang sebenarnya jauh lebih parah😀

Rokan Hulu adalah sebuah kabupaten pemekaran. Umurnya masih muda. Namun pembangunan di Rokan sedang berdenyut saat ini. Pun dengan keinginan mereka untuk meningkatkan infrastruktur IT dan kualitas SDM para pegawai Pemda disana.  Terbukti, mereka mau mengundang kami dari ComLabs ITB untuk sharing selama 2 hari memberikan materi pengenalan internet dan komputer. Kami sendiri bahagia, bisa memberikan sedikit ilmu dan pengalaman untuk saudara-saudara kami disana. Semoga bermanfaat ya Bapak/Ibu….

Selalu menarik bagi saya saat mengunjungi sebuah daerah dengan budaya khas-nya masing-masing. Riau memiliki kultur melayu. Makanan dominan-nya seperti masakan padang. Kaya akan sambal, dan lauk-ikan. Mantap benar sy disuguhi beragam makanan selama berada disana. Apalagi, kami menginap dihotel terbesar di Rokan Hulu. Memang tak sebagus hotel bintang yang ada di Bandung. Tp services-nya lumayan bagus menurut saya. Setidaknya, membuat sy nyaman selama berada disana.

Saya juga berkenalan dengan banyak orang; ada yang asli penduduk sana, ada juga yang asli sunda, jg orang jawa. Ya, mayoritas kedua selain pribumi di Rokan Hulu memang orang Jawa-Sunda. Mereka bisa hidup beriringan saling membantu dan membangun untuk Rokan Hulu. Salut dan bangga sekali melihatnya.

2 hari di Rokan Hulu memberikan kesan mendalam dan menumbuhkan keinginan yang kuat bagi saya. Untuk terus berbagi dan memberi; untuk peduli pada orang lain; dan yang terpenting….memahami hakekat bahwa ilmu yang sejati yang kita miliki haruslah bermanfaat bagi orang lain.

Saat pelatihan selesai, ada banyak pegawai Pemda sana yang Curhat pada sy. Tp isi curhat ngga akan sy tulis disini….:)

Saya dan Pak Arief pulang dari rokan hulu hari Kamis 13 Mei.

Dengan rute perjalanan : (berangkat Pkl 05.30 Pagi)

1. Rokan Hulu – Pekanbaru (Darat); Jemputan

2. Pekanbaru – Jakarta (Udara); Batavia Air

3. Jakarta – Bandung (Darat); Darat – XTrans

Sampe di Bandung Sore Pkl 04.00, Sudah menunggu keluarga tercinta di Rumah….:)

Pengalaman yg tdk akan dilupakan, semoga suatu saat sy bisa berkunjung lagi kesana…

Special thanks To Pak Beki dan rekan2 pgawai Pemda Rokan yang tak bisa saya sebut satu persatu….:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s