Belajar Hidup Bahagia

Jika kamu tidak dapat berubah, maka jaman akan menelan kamu dengan kejamnya.

Perubahan, dalam hidup adalah sebuah sunatullah, tidak ada ketetapan yang akan menjamin keadaan hari ini akan sama dengan waktu yang akan datang. kemampuan untuk merespons perubahan, berarti kemampuan untuk melihat diri jauh kedalam sambil mengartikan dan mengatakan bahwa diri ini masih jauh dari sempurna. Dari kesadaran seperti itu, maka akan timbul keinginan untuk terus memperbaiki. Dari keinginan untuk memperbaiki, akan timbul hasrat untuk belajar. Maka, teramat beruntung, sungguh, orang-orang yang dalam hidupnya selalu haus untuk belajar. Dalam proses belajar, kita bisa tahu sisi mana dari diri kita yang harus diperbaiki. Hidup, jika dihadapi dengan kemampuan seadanya tentu saja hanya akan menghasilkan ketidakbermaknaan dan kehampaan yang dalam. Karena manusia, fitrahnya adalah selalu menginginkan kebaikan dalam segala hal. Dan kondisi ideal ini, tidak ada jaminan semua orang, akan mendapatkannya dalam setiap waktu.

Belajar Hidup Bahagia

Maka, belajarlah untuk hidup bahagia dengan belajar untuk hidup dengan penuh rasa syukur. Mengapa ? karena kondisi ideal dalam kacamata aku dan kamu belum tentu akan selalu terjadi. Lebih penting lagi, karena sebenarnya Tuhan terlalu baik pada kita dengan memberi banyak hal, namun…kita terkadang lalai dengan selalu menjadikan kehidupan sebagai beban menumpuk yang harus dipikul sendiri tanpa ada kepercayaan dan keyakinan bahwa : Masalah-masalah itu teramat kecil dimata Allah.

Semua, semua yang ada pada diri bukankah karunia yang maha indah.

Mungkin kita harus lebih melihat kedalam, dan merasakan ada titik dalam diri yang merindukan “sesuatu”.

Saat kita mendapatkan dan menemukan pusat kesadaran itu, maka langit akan lebih cerah berwarna, dan hidup bukanlah hal yang harus ditakuti.

Bahagia ? adalah sesuatu yang “mahal” namun “murah” untuk didapatkan.

Cukuplah dengan banyak bersyukur, maka Tuhan akan memberi lebih rasa bahagia itu.

One thought on “Belajar Hidup Bahagia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s