Pendidikan &Budaya Anti Korupsi

Silahkan Klik Artikel Aslinya disini :

LIVE BORDERLESS :: Hukum & Politik :: Pendidikan & Budaya Anti Korupsi

Apakah Anda muak dengan wajah para koruptor yang ditangkap KPK ? Yaps, same with me guys, rasanya muak sekali melihat Wajah cengengesan dan parlente Mantan Jaksa Urip dengan dasi yang rapih, atau balutan gaun Artalita Suryani yang memukau seperti di Catwalk saat persidangan. Mereka berdua adalah contoh Koruptor kelas kakap yang sudah divonis oleh pengadilan.

Namun, ternyata vonis demi vonis tersebut belumlah cukup untuk memberantas korupsi. Para koruptor masih saja gentayangan meneror bangsa ini. Padahal kita semua tahu, korupsi adalah musuh terbesar bangsa Indonesia yang kudu diberantas. Pemberantasan korupsi, menurut saya tidak hanya cukup kita berbicara tentang penegakan hukum saja. Saya berpikir, ada yang salah dalam mentalitas masyarakat Indonesia yang harus dirubah, hal ini mungkin saja karena korupsi seolah telah membudaya, dan menjadi warisan abadi Orde Baru hingga saat ini. Bahkan mungkin saja, dalam skala kecil, kita telah menjadi bagian dalam lingkaran setan tersebut.

We have to change our culture ? Agree ?

Merubah budaya adalah sebuah pekerjaan rumah yang sulit namun sangat mungkin untuk dilakukan. Dan menurut saya, salah satu langkah efektif, bahkan yang paling efektif untuk merubah sebuah culture adalah melalui jalur pendidikan. Tidak bisa tidak, harus ada Kurikulum Pendidikan Anti Korupsi di Indonesia. Perkara nantinya materi Pendidikan Anti Korupsi bisa menjadi Mata Pelajaran tersendiri, mata pelajaran tambahan, atau hanya menjadi sub materi, tentu saja harus kita analisa lebih lanjut.

Dengan langkah ini, diharapkan kita bisa menyelematkan generasi muda kita untuk tidak bermental korup, bahkan…mereka semua nantinya bisa menjadi Vaksin yang dahsyat untuk memberantas korupsi. Kampus-kampus, sekolah-sekolah dari tingkat dasar sampai dengan menengah menyuarakan koor satu suara bersama untuk membenci perbuatan korupsi. Saya membayangkan kalau Pendidikan Anti Korupsi sudah menjadi kurikulum resmi Pendidikan di Indonesia. Wajah-wajah para koruptor yang sudah divonis bersalah oleh pengadilan dari masa ke masa akan terpampang jelas dibuku-buku Anti Korupsi. Setiap orang yang melakukan tindakan korupsi akan berpikir ribuan kali karena jika mereka melakukan perbuatan tsb, maka sejarah akan mencatat mereka dalam buku pelajaran Anti Korupsi. Dan dalam benak para insan muda pendidikan Indonesia, akan sangat tertanam rasa malu luar biasa jika mereka harus melakukan perbuatan tercela tsb. Ide kecil ini semoga bisa menjadi solusi untuk menangani masalah korupsi di Indonesia, dan semoga kita semua dapat menjadi lokomotif perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

 —– Halo guys, tulisan sy ini merupakan lanjutan dr tulisan saya tentang kampanye Pendidikan Anti Korupsi, kebetulan…tulisan ini saya ikutkan lomba dgn harapan dapat menjadi solusi dengan efek yg lebih besar lagi, Silahkan kunjungi link dibawah ini untuk menuju link tulisan : LIVE BORDERLESS :: Hukum & Politik :: Pendidikan & Budaya Anti Korupsi Shared via AddThis Btw, jangan lupa baca juga tulisan2 sy lain tentang Kampanye Pendidikan Anti Korupsi di link berikut : https://bayuadhitya.wordpress.com/2008/05/28/pendidikan-anti-korupsi-wajib-itu/ https://bayuadhitya.wordpress.com/2008/06/18/pendidikan-anti-korup-part-ii-masukan-saja-korupsi-ke-sekolah/

One thought on “Pendidikan &Budaya Anti Korupsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s